Hanya Ingin Berbagi Ilmu, Karena Berbagi Itu Indah.

Recent Post

Selasa, 24 September 2013

BIOGRAFI SINGKAT LEONARDO DA VINCI (1452 -1519)

Leonardo Da Vinci
        Leonardo dilahirkan tahun 1452 di Desa Vinci, dekat Florence, sebuah kota kesenian. Sejak kecil dipungut oleh seorang notaris. Bapak angkatnya mengetahui anak berbakat ini perlu pendidikan baik. Dia belajar pada guru pembuat patung dan pelukis kenamaan Andrea del Verrocchio. Dalam didikan keras dan disiplin kuat, pemuda ini cepat menguasai kepandaian menggambar, mengecor besi perunggu, dan merancang bangunan.
          Ketika umur 30 tahun, ia ikut membangun istana megah Ludovico Sforza, pangeran dari Milan. Ia orang paling berpengaruh pada zaman itu. Sejak itu kariernya menanjak.
     Karena kepandaiannya, ia ditugaskan merancang kota Milan. Dibuatnya skema saluran air dalam kota. Ia pun mahir membuat benteng pertahanan dan bendungan air sungai untuk irigasi tanah pertanian.
Untuk mengingat peranannya dalam pembangunan kota Milan, ia membuat lukisan adegan dari Buku Injil, "Makan Malam Terakhir" (The Last Supper). Tiap kali ditugaskan membuat bangunan atau alat-alat mesin, ia membuat catatan lengkap, terperinci, berikut gambarnya. Semua penemuan atau rancangan di bidang tumbuh-tumbuhan dan ilmu bedah (anatomi), dicatatnya secara teliti didalam buku-buku kecil. Semua catatan itu ia kumpulkan baik-baik. pekerjaan borongan ia lakukan di mana-mana. Ia pergi dari satu kota ke kota lain, selama ia mengembara dari Florence ke Milan Roma dan Ambiose, ia akhirnya meninggal dalam tugas pada 2 Mei 1519 dalam umur 67 tahun.
          Dalam surat wasiatnya ia meninggalkan semua catatan berharga  kepada muridnya Francesco Melzi . Kemudian catatan-catatan itu dibawa pulang ke Itali. Setelah dipelajari, disusunnya kembali menurut bidangnya masing-masing. Hanya satu kali ia menerbitkan karya itu atas nama Leonardo sendiri. Harta peninggalan berupa catatan itu kemudian ditelantarkan oleh anak Leonardo Melzi. Pompeo Lenci Seorang ahli patung di Madrid memborong catatan tersebut, lalu disusunnya kembali dan diberi nama "Atlantic Codex" suatu buku pengetahuan yang luas. Untuk catatan asli dibeli seorang bangsawan Itali apada tahun 1636 untuk diserahkan kepada perpustakaan Ambrosio di Milan. Pada tahun 1796 buku itu diboyong paris oleh Napoleon ketika ia menaklukan Itali.
       Yang mengjutkan ialah penyelidikannya tentang sayap burung. Ia mengupas tentang teknik terbang burung. Catatan teori memberi pernyataan mengapa orang tidak bisa terbang seperti burung. Pada suatu saat manusia bisa terbang, ia membuat seketsa sayap-sayap yang berupa baling-baling seperti helikopter sekarang. Kini oleh ahli penerbangan ia dinyatakan sebagai orang pertama yang melakukan penyelidikan secara ilmiah di bidang penerbangan. Maka lapangan udara internasional di Roma diberi nama Leonardo Da Vinci sebagai penghormatan baginya.
Pada malam hari kalau ada waktu luang, ia ikut membedah mayat di rumah sakit untuk memperdalam pengetahuannya dibidang anatomi. Ia percaya bahwa ia tidak akan bisa membuat gambar lebih sempurna tanpa memperdalam ilmu anatomi. Maka ia membedah dengan tangannya sendiri 30 mayat.

       Apa rahasia yang membuat Leonardo Da Vinci begitu luas pengetahuannya, tak lain dari tebal perasaanya untuk tahu.

       Posting saya kali ini menguraikan biogrrafi singkat seorang Leonardo Da Vinci, semoga dapat menginspirasi agan-agan semua, karena dalam mencari ilmu kita harus senantiasa mempunyai tekad yang kuat dan perasaan ingin tahu yang besar, Semoga dapat bermanfaat untuk agan. TERIMAKASIH.




Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Wikipedia

Hasil penelusuran

Sample Text

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

About Me

Apip Wirawan
Lihat profil lengkapku

Total Tayangan Halaman

Cari Blog Ini